Wednesday, September 3, 2008

SOAL-JAWAB MENGENAI PEMBANGUNAN YANG BERKELANJUTAN

SOAL

1. SDM merupakan roda penggerak pembangunan, bagaimana hubungannya dengan tiga pilar pembangunan berkelanjutan (Social Equity, Environmental Management dan Economic Growth) ?
2. Ada beberapa perspektif teoritis utama (Mayor Theoretical Perspectives), berkaitan dengan Human Development. Bagaimana latar belakang dimuncuklannya teori-teori tersebut, dan bagaimana garis besar pemahamannya ?
3. Dalam usaha menggapai pendidikan berbasis kompetensi, Negara RRC (People Republic of China) mempunyai kemiripan dengan Negara kita dalam hal ;
· Permasalahan yang dihadapi
· Kebutuhan SDM dimasa mendatang
· Perlunya pendidikan berbasis kompetensi
Jelaskan hal tersebut menurut pemahaman saudara !
4. Apa yang menarik dari rencana pengembangan SDM di Irlandia ?
5. Bagaimana pengembangan SDM di Indonesia menurut anda ?

PEMBAHASAN

1. SDM merupakan roda penggerak pembangunan, bagaimana hubungannya dengan tiga pilar pembangunan berkelanjutan (Social Equity, Environmental Management dan Economic Growth) ?
JAWABAN :
Pembangunan berkelanjutan merupakan pembangunan yang meliputi seluruh aspek kehidupan masyarakat, bangsa dan negara sebagai upaya mewujudkan tujuan nasional yang termaktub dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945. Juga sesuai dengan hasil Konferensi PBB tentang Lingkungan Hidup yang diadakan di Stockholm Tahun 1972 dan Deklarasi Lingkungan Hidup KTT Bumi di Rio de Janeiro Tahun 1992 yang menyepakati prinsip dalam pengambilan keputusan pembangunan harus memperhatikan dimensi lingkungan dan manusia serta KTT Pembangunan Berkelanjutan di Johannesburg Tahun 2002 yang membahas dan mengatasi kemerosotan kualitas lingkungan hidup. Pada dasarnya pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan pada saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi yang akan datang dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka.

Begitu pentingnya pembangunan berkelanjutan ini sehingga pelaksanaannya sangat tergantung dari kualitas sumberdaya manusia. Karena itu hubungan antara pembangunan berkelanjutan dan pengembangan sumber daya manusia erat kaitannya karena sumberdaya manusia adalah faktor penggerak roda pembangunan berkelanjutan yang harus mempunyai wawasan visioner, seperti tergambarkan dalam skema berikut ini ;




SDM faktor penggerak pembanguan berkelanjutan
Human Resources
Social Equity
Economic Growth







Sedangkan sumberdaya manusia yang handal tersebut sangat ditentukan oleh kerjasama antara tiga komponen aktor pembangunan yang digambarkan pada skema berikut :

2. Ada beberapa perspektif teoritis utama (Mayor Theoretical Perspectives), berkaitan dengan Human Development. Bagaimana latar belakang dimuncuklannya teori-teori tersebut, dan bagaimana garis besar pemahamannya?


JAWABAN :
Yang melatarbelakangi munculnya Major Theoretical Perpectives on Human Develoment bahwa setiap manusia mempunyai beberapa sisi yang dapat dikembangkan antara lain adalah ;

Perspektif teori utama dari pengembangan sumberdaya manusia (major Theoretical Perspectives on Human Develoment) terdiri dari :
a. Psychodymanic (dengan tokohnya Freud, Erikson)
b. Learning (dengan tokohnya Watson, Skinner, Bandura)
c. Cognetive (dengan tokohnya Piaget, Kohlberg)
d. Ecological & Systems (dengan tokohnya Bronfenbrenner, Lawton dan Nahemow)
e. Lifespan (dengan tokohnya Baltes)


3. Dalam usaha menggapai pendidikan berbasis kompetensi, Negara RRC (People Republic of China) mempunyai kemiripan dengan Negara kita dalam hal ;
· Permasalahan yang dihadapi
· Kebutuhan SDM dimasa mendatang
· Perlunya pendidikan berbasis kompetensi
Jelaskan hal tersebut menurut pemahaman saudara !
JAWABAN :Perlu diketahui China bisa bangkit karena para economnya memiliki identitas dan keberpihakan untuk negerinya, mereka tidak ingin didikte dan diatur oleh econom barat terutama para financialist (Amerika, IMF dan World Bank) yang selalu membujuk dan mengancam China untuk segara melepaskan Nilai mata uang Yuan terhadap US Dollar. Tetapi mereka tidak pernah bergeming dan tidak peduli dan hal ini juga dilakukan oleh Negara Tetangga kita, Malaysia (yang mematok Ringgitnya). dan kita tahu bagaimana keteguhan kedua negara ini, walaupun pers barat maupun econom Amerika yang beraliran New Liberalism (Neo Liberal) menghunjani dengan berbagai issue-isue negatif. China bisa bangkit karena para economnya memiliki satu keyakinan bahwa Negaranya harus memiliki cadangan devisa yang kuat dan untuk itu harus meningkatkan EXPORT, dengan export berarti harus bersaing dan kerja keras ( Ini bukan paham ekonomi " berusaha sekecil kecilnya untung sebesar besarnya "yang banyak dipegang oleh para econom kita yang berwatak Broker), dan dalam export China fokus membidik pasar Amerika yang memegang kebijakan makro ekonomi. Baru-baru ini China mengumumkan cadangan devisa sampai akhir Maret mencapai USD 659.1 milliar dollar. Ini setara dengan 1000 kali nilai proyek monorail A & B di Jakarta yang sampai sekarang masih terkatung-katung. Juga setara 18 kali cadangan devisa RI (USD 36 milliar termasuk pinjaman IMF sekitar USD 10 milliar. Dan juga setara 3 atau 4 kali GDP China . Artinya China adalah Negara pemberi hutang terbesar untuk Amerika. Kalau saja China memindahkan cadangan devisa-nya ke Eropa, tentu USD akan kolaps Disitulah letak identitas dan kecerdikan econom China dalam menerima dan bersaing dalam PASAR BEBAS, mereka tidak menentang atau menutup diri tetapi mereka juga tidak MENGEKOR kepada para econom Neo Liberal terutama para financialist dan bankers. Siapa sebenarnya orang orang atau econom China tersebut. Mereka adalah yang berbasis di Universitas Tsung-Hua School of Economics and Management yang dimotori oleh ZHU RONGJI (Perdana Menteri setelah DENG Xioping) yang nota bene adalah seorang ENGINEER dan banyak tamatan MIT lainnya, sehingga mereka menyebut Universitas Tsung Hua sebagai "CHINA's MIT". Kekhawatiran Amerika, Jepang dan Eropah terhadap China sekarang sudah semakin menjadi-jadi. Cina benar-benar Raksasa yang baru bangun. Cina lebih memfokuskan di sektor produksi dalam kebijakan perekonomiannya, yang dibarengin dengan jelinya melihat peluang di pasar global, produk massal dengan low price begitu luasnya menjangkau setiap sudut dunia, tak ada yang mampu melawannya. Inilah yang membedakan antara Indonesia dan China meskipun permasalahan yang dihadapi China dan Indonesia hamper sama. Yang membedakannya adalah :a. Keteguhan hati atas kemampuanya sendiri yang tidak mau diintervensi dari luar.b. Lebih memfokuskan pada membangun sumberdaya manusia melalui dunia pendidikanc. Menggalakkan sektor industri rumah tangga yang mampu bersaing bahkan menguasai pasar global.

4. Apa yang menarik dari rencana pengembangan SDM di Irlandia ?
JAWABAN :Perubahan di Irlandia dimulai akhir 1960-an saat pemerintah melikuidasi kebijaksanaan sektor pendidikan mereka dengan terobosan, menggratiskan sekolah menengah, yang berdampak anak-anak dari poor society (keluarga miskin) memungkinkan bisa menyelesaikan sekolah menengah atau sekolah teknik. Keputusan ini sangat begitu signifikan saat rakyat irlandia memutuskan untuk bergabung ke Uni Eropa pada 1973, dengan angkatan muda yang terdidik mereka dapat mengandalkan tenaga kerja yang kompetitif. Keuntungan sebagai anggota Uni Eropa di dapat pada pertengahan 1980-an, saat terjadi kebijakan perekonomian yang diambil anggota Uni Eropa,seperti subsidi pembangunan infrastruktur dan jaringan pasar ekonomi yang lebih luas. Walaupun saat itu mereka masih belum memiliki produk kompetitif untuk ditawarkan, yang kemungkinan diakibatkan kesalahan regulasi perekonomian dan perdagangan yang over protektif dan kesalahan fiskal masa sebelumnya. Namun keunggulan SDM mereka membuat langkah kebijakan ke Uni Eropa lebih mudah. Dekade sebelumnya Irlandia bisa dikategorikan sebagai negara yang bangkrut, perekonomiannya terperosok ke nadir terendah dan para sarjananya berimigrasi ke luar negeri. "Kami meminjam, membelanjakan, meningkatkan pajak dan itu nyaris menenggelamkan kami," kata Deputi PM Mary Harney. "Hanya karena kami nyaris tenggelam, kami mau berubah." Perubahan besar diambil bersama rakyat . Dalam perkembangan yang tidak biasa pemerintah, serikat pekerja terbesar, petani, dan kalangan industri berkomitmen melakukan langkah perbaikan fiskal, memotong pajak korporasi sampai 12,5 persen, memotong gaji dan harga, serta merayu investasi asing. Keputusan berikutnya di sektor pendidikan adalah pada 1996, Irlandia membuat pendidikan tinggi gratis, sehingga tenaga kerja berpendidikan lebih banyak . Hasilnya sangat fenomenal sekarang, 9 dari 10 perusahaan farmasi terbesar dunia memiliki pabrik di Irlandia, seperti 16 dari 20 peralatan pembuat medis serta 7 dari 10 perusahaan pembuat piranti lunak berada di Irlandia. Tahun lalu, dikarenakan culture dan latar belakang yang sama, Irlandia mendapat limpahan investasi Amerika lebih banyak daripada China. Dan secara keseluruhan, pendapatan pajak pemerintah meningkat. Dell membuat pabrik di Irlandia pada 1990, Yang menarik buat Industri seperti Dell, Tenaga kerja berpendidikan dan universitas bagus didekatnya, Irlandia memiliki kebijakan industri dan pajak yang secara konsisten mendukung bisnis. Pergantian penguasa politik tidak berdampak radikal terhadap atmosfer untuk bisnis. Banyak pengamat berkesimpulan, masa-masa sulit akibat kesalahan kebijakan ekonomi dari para politisi sebelumnya selalu tertanam di dalam benak pada warga dan penguasa. Tentunya masa-masa seperti yang lampau tak ingin mereka ulangi lagi. Irlandia juga memiliki infrastruktur transportasi dan logistik sangat baik mudah bagi produk apapun mendistribusikan produknya di pasar utama Eropa dengan cepat. Menurut Pengamat, karena mereka kompetitif, ingin berhasil, haus dan tahu bagaimana rasanya menang. Pabrik Dell menjadi eksporter Irlandia terbesar. Intel membuka pabrik chip pertama di Irlandia pada 1993. Mereka tertarik banyaknya orang berpendidikan di Irlandia, pajak korporasi yang rendah, dan insentif lain yang membuat Intel menghemat miliaran dolar selama lebih 10 tahun. Rancangan chip tercanggih mereka datang dan diciptakan insinyur Irlandia. Faktanya adalah pada 1990, angkatan kerja Irlandia adalah 1,1 juta. Tahun ini mencapai 2 juta, tanpa ada penganggur, dan ada 200 ribu pekerja asing (termasuk 50 ribu dari China). Apa kunci semua ini ?, Menurut pengakuan Perdana Menteri Irlandia Bertie Ahern yang sering mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri China setidaknya lima kali dalam dua tahun terakhir, mengungkapkan hal-hal berikut yang sangat sederhana : a. Buat agar pendidikan Menengah dan Tinggi gratisb. Ciptakan pajak korporasi rendah, sederhana, dan transparanc. Aktif mencari perusahaan globald. Buka pintu ekonomi untuk berkompetisi.e. Berbicara bahasa Inggris, mungkin juga China.f. Ciptakan kebijakan fiskal yang tertibg. Ciptakan konsensus keseluruhan paket ini bersama dengan buruh dan manajemen serta komitmen dengan konsensus tersebut. Langkah tersebutlah yang menjulangkan Irlandia menjadi negara terkaya di Eropa, dan itu bukan keajaiban, semua langkah tersebut terukur dengan perencanaan yang baik dan percaya globalisasi. Irlandia sadar dengan minimnya SDA yang mereka miliki, hanya dengan mengembangkan SDM, menjadikan inspirasi kebangkitan perekonomian Irlandia, Latar belakang berbahasa Inggris dan ikatan primodial dengan Amerika Serikat memang membantu, namun tanpa angkatan muda terdidik kesempatan tersebut tak ada artinya.

5. Bagaimana pengembangan SDM di Indonesia menurut anda ?
JAWABAN :
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengubah persepsi bahwa manusia tidak hanya sebagai objek pembangunan namun juga sebagai subjek pembangunan. Maka dengan demikian harus dikembangkan dua dimensi itu yaitu manusia sebagai objek sekaligus sebagai subjek pembangunan. Sebab selama ini yang terjadi manusia hanya dijadikan objek dari pembangunan tidak diperhatikan sama sekali potensi yang dimiliki oleh manusia itu sendiri. Oleh karenanya pengembangan SDM di Indonesia ke depan adalah :
a. Mengidentifikasi potensi-potensi SDM yang dimiliki Indonesia.
b. Mengidentifikasi kebutuhan SDM saat ini dan masa datang yang sangat mendesak untuk dipenuhi
c. Mengevaluasi perencanaan pengembangan sumber daya manusia Indonesia yang selama ini dilakukan
d. Menjawab tantangan global dengan menyiapkan SDM yang handal
Kesemuanya itu hanya bisa terwujud melalui pendidikan yang kompeten. Maka tujuan dari pendidikan diarahkan untuk menyiapakan tenaga-tenaga SDM yang tidak hanya dibutuhkan didalam negeri tetapi sanggup berkopetisi di luar negeri dalam era globalisasi.


Referensi :
1. http://www.mail-archive.com/iagi-net@iagi.or.id/msg08525.html
2. http://eprints.ums.ac.id/319/1/3._ABSORI_NEW.pdf
3. http://www.goodgovernancebappenas.go.id/publikasi_files/modul/modul_gg3.pdf
4. http://202.51.30.138/gwan/MAKALAH/Sudarmadji.pdf
5. W. Suharso Tunjung, Ir, MSP. 2008. Materi Kuliah Teori dan Kebijakan Pendidikan. Malang. PPSUB

No comments: